Manfaat Berhenti Merokok Yang Harus Kamu Tahu

    Manfaat Berhenti Merokok Yang Harus Kamu Tahu
    Manfaat Berhenti Merokok

    Manfaat Berhenti Merokok Yang Harus Kamu Tahu - Dikesunyian malam, menikmati secangkir kopi dan ditemani dengan sebatang rokok adalah surga bagi para perokok.


    Namun, tahukah kamu bahwa yang kamu lakukan itu adalah tindakan bodoh yang bisa merusak diri kamu sendiri. Kamu mengumpulkan racun-racun masuk ke dalam tubuhmu. Satu batang rokok terdapat bahan kimia yang membahayakan bagi tubuh kamu.


    Faktanya, orang perokok sadar kalau rokok itu berbahaya bagi kesehatan, dan mereka tau efek negatif dari merokok.


    Menurut David Hamoond, seorang peneliti dari University of Waterloo, Kanada "kandungan nikotin dalam sebuah rokok menyebabkan efek kecanduan yang sangat bahaya bagi kesehatan".


    Karena efek dari rokok lebih banyak negatifnya, saya menulis ini bertujuan agar banyak pria yang sadar akan hal negatif ini.


    Apabila saat ini kamu kesulitan untuk berhenti merokok, mungkin kamu belum tahu banyaknya manfaat ketika berhenti merokok.


    Manfaat berhenti merokok dari segi kesehatan


    1. Terhindar dari resiko penyakit kanker

    Ketika kamu memutuskan untuk berhenti merokok, manfaat bagi kesehatanmu adalah terhindar dari penyakit kanker.


    Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa penyebab orang terkena kanker paru-paru adalah rokok, baik itu perokok aktif maupun prokok pasif.


    Namun, ketika seseorang yang sudah kecanduan rokok mereka mengabaikan bahaya tersebut.


    Selain kanker paru-paru, ada banyak jenis penyakit kanker yang disebabkan oleh rokok yaitu kanker orofaring yaitu kanker di bagian mulut dan tenggorokan, kanker ginjal dan kanker perut.


    2. Menurunkan resiko penyakit jantung

    Selain terkena penyakit kanker, merokok menyebabkan resiko yang empat kali lebih besar terkena penyakit jantung dari pada orang yang tidak merokok.

     

    Namun para perokok berdalih bahwa "tidak ada orang yang meninggal disebabkan oleh rokok". Memang benar klo tidak akan meninggal saat sedang merokok, akan tetapi saat racun dari rokok tersebut mulai menggerogoti tubuhmu bisa jadi ini sudah terlambat untuk bertobat dan berhenti merokok.

     

    Bagaimana rokok dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung?

     

    Di dalam prosesnya, merokok akan merusak lapisan arteri, sehingga tugas arteri yang seharusnya mengalirkan darah ke jantung jadi terganggu. Jika sudah demikian, oksigen otomatis akan menurun yang dapat membuat penyakit jantung koroner.

     

    3. Memperparah penyakit diabetes

    Apabila kamu memiliki riwayat penyakit diabetes, saran saya sebaiknya kamu berhenti merokok sekarang juga.


    Kalau kamu seorang perokok berat, yang mengkonsumsi rokok hingga 20 batang sehari resiko untuk terkena diabetes 61 persen, sedangkan perokok ringan resiko diabetes hanya 29 persen.


    Manfaat berhenti merokok dari segi keuangan


    4. Lebih hemat

    Manfaat berhenti merokok dari segi keuangan, jelas kamu bisa menghemat keuanganmu. Mungkin kalau kamu memiliki pendapatan banyak ini tidak terlalu berefek, tapi untuk kamu yang memiliki pendapatan yang pas-pasan atau bahkan kurang, manfaat berhenti merokok sangatlah besar.


    Coba kamu hitung, sehari misal kamu menghabiskan satu bungkus rokok dengan harga 20.000 per bungkus, kamu kali 30 hari, total sudah 600.000 dalam satu bulan. Dengan kamu berhenti merokok, uang 600.000 tersebut bisa kamu gunakan ke hal yang lebih bermanfaat.


    5. Mengurangi biaya untuk kesehatann

    Seperti yang kita ketahui semua (dan dibungkus rokok pun juga sudah tertulis) bahwa rokok menyebabkan timbulnya beberapa macam penyakit.


    Dengan kamu berhenti merokok, kamu terhindar untuk mengeluarkan biaya kesehatan dimasa depan yang disebabkan oleh rokok. Coba kamu bayangkan misal kamu terkena penyakit paru-paru, berapa biaya yang akan kamu keluarkan? saya jamin biaya ini tidaklah murah.


    6. Mengalihkan ke asuransi kesehetan

    Sebagai manusia kita tidak tahu kapan ajal kita menjemput, dan kesehatan kita juga tidak selamanya akan fit. Adakalanya tiba-tiba kita jatuh sakit dan harus mengeluarkan biaya untuk berobat.


    Dengan kamu berhenti merokok, manfaatnya kamu bisa mengalihkan uang yang biasa kamu pakai untuk beli rokok bisa dialihkan untuk asuransi kesehatan. Ini bertujuan untuk memersiapkan diri apabila suatu saat kamu jatuh sakit dan harus mengeluarkan dana untuk berobat, ada jaminan untuk biaya kesehatanmu.


    7. Kebutuhan pokok bisa terpenuhi

    Kalau kamu berpikiran bahwa "lebih baik tidak makan dari pada merokok", coba sekarang kamu buktikan untuk tidak makan selama seminggu atau tidak merokok selama seminggu, mana yang kamu pilih agar bisa tetap hidup? jelas memilih makan dari pada merokok.


    Fakta kebanyakan pria rela untuk membeli sebungkus rokok dibandingkan membeli kebutuhan pokok. 

     

    Padahal jika kita pikirkan, rokok bukanlah kebutuhan wajib yang harus kita penuhi. Tidak merokok sehari penuh juga gak membuat kamu tiba-tiba mati.


    Bandingkan dengan kebutuhan pokok sehari-hari seperti membeli beras, membayar listrik, membayar air dan lain sebagaian. Kebutuhan primer ini harus tetap kamu penuhi. Apa kamu mau memilih listrik diputus dan memilih untuk tetap merokok?


    Dengan kamu berhenti merokok bakal lebih bermanfaat untuk kamu dan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.


    8. Menabung dan berinvestasi

    Kebutuhan para perokok minimal dia akan menghabiskan satu bungkus per hari. Katakan satu bungkus itu harga 20.000, dari 20.000 ini kita kalikan 30 hari, total 600.000 perbulan, dan bagaimana kalau setahun?


    Misal kamu berhenti merokok dan uang yang kamu pakai untuk rokok kamu sisikan maka dalam setahun kamu punya uang 7.200.000.


    Uang ini bisa kamu tabung dan berinvestasi, dan apabila kamu gunakan dalam investasi atau menabung selama 10 tahun, uangmu akan menjadi 72.000.000. Lumayan bisa untuk membeli tanah kavling buat investasi.


    Tergiur untuk berhenti merokok setelah mengetahui manfaat berhenti merokok yang satu ini?


    Manfaat berhenti merokok bagi keluarga


    9. Menjaga keharmonisan dalam rumah tangga

    Mayoritas istri tidak suka apabila suaminya seorang perokok. Mereka takut apabila nanti suaminya jatuh sakit, dan uang belanja habis hanya untuk membeli rokok.


    Semisal kamu sudah mempunyai istri dan istri kamu mengingatkanmu untuk berhenti merokok, tapi kamu yang seorang pecandu rokok tidak menghiraukan nasehat istri, bisa-bisa istri tersinggung dan malah marah sama kamu.


    10. Menghindari keluarga dari resiko penyakit

    Efek negatif dari rokok bukan hanya untuk perokok aktif saja, tapi orang sekitar yang menghirup asap rokok tersebut juga akan terkena dampaknya.


    Maka dari itu apabila disekitarmu ada istri dan anak kecil bisa juga terkena racun dari rokok. Apa kamu mau dengan hal itu?


    Sekarang coba kamu pikirkan baik-baik, mana yang menurut kamu lebih berharga? keluarga atau rokok?


    Saya harap jawabanmu adalah keluarga, kalau kamu memilih rokok, gak tau lagi sih hatimu terbuat dari apa.


    11. Udara lebih bersih tanpa asap rokok

    Kamu punya hak untuk merokok, lagian kamu membeli rokok dengan uangmu sendiri. Tapi, kamu juga harus menghormati hak orang lain untuk mendapatkan udara segar dan bebas dari asap rokok.


    Kebiasaanmu merokok ini dapat membuat orang disekelilingmu jadi tidak nyaman dan merasa terganggu. Dengan kamu berhenti merokok manfaatnya udara disekelilingmu jadi lebih bersih.


    12. Lebih di sayang pasangan

    Wanita mana coba yang gak bahagia klo melihat kekasihnya bukanlah seorang perokok? Jika dengan kamu berhenti merokok secara tidak langsung dia akan semakin sayang dengan kamu.


    Kebanyakan wanita menganggap pria yang hobinya ngerokok tidaklah keren. Selain wanita tidak suka sama bau rokok, asap juga dapat membuat mereka batuk dan sesak nafas.


    13. Lebih dekat dengan anak

    Manfaat berhenti merokok untuk keluarga adalah bisa dekat dengan anak. Saat kamu merokok, pasti kamu gak maukan anakmu terkena asapnya? Apalagi sampai anak tersebut jadi sakit karena asap rokok.


    Saat kamu berhenti merokok kamu jadi bisa lebih dekat dengan anak dengan memeluk dan mencium kapanpun yang kamu mau.


    14. Anak tidak meniru kebiasaan buruk merokok

    Seorang anak akan meniru perilaku orang tuanya, apabila kamu seorang perokok jangan heran kalau kelak anak kamu akan meniru perilaku ini.

     

    Apa kamu mau anakmu menjadi seorang pecandu rokok? dan membahayakan kesehatannya? yang pasti kamu inginkan punya anak yang bukan seorang perokok.

     

    Manfaat berhenti merokok bagi penampilan

     

    15. Terhindar dari gigi yang kuning

    Salah satu penyebab gigi berwarna kuning adalah karena rokok. Agar kamu terhindar dari menguningnya gigi kamu, kamu bisa berhenti merokok.

     

    Untuk memutihkan gigi butuh waktu yang sangat lama, tapi kalau kamu tidak berusaha berhenti merokok jangan harap deh ingin mempunyai gigi putih.

     

    16. Kulit menjadi lebih segar

    Ketika kamu merokok, kandungan pada asap rokok yaitu karbonmonoksida, nikotin, dan ammonia akan ikut terhisap dan masuk ke dalam tubuh kamu.

     

    Hal ini akan berpengaruh ke sirkulasi darah yang membuat darah kekurangan oksigen ketika menyalurkan ke sel-sel kulit. Dan akibatnya kulit menjadi pucat, kusam dan kering.

     

    17. Nafas lebih segar

    Coba kamu cium deh bau mulut kamu ketika selesai merokok, pasti baunya gak enak. Bau dari asap rokok bakal terus nempel lama di dalam mulut kamu. Walau kamu sikat gigi sekalipun bau ini tidak bisa langsung hilang dengan cepat.

     

    Bagaimana mau ngobrol sama orang kalau bau mulutmu tidak enak, jadi manfaat berhenti merokok adalah nafas kamu jauh lebih segar dan kamu dapat asik ngobrol dengan siapapun tanpa takut orang itu terganggu dengan bau mulutmu.

     

    18. Mencegah penuaan dini

    Manfaat berhenti merokok bisa mencegah penuaan dini loh. Seperti yang di poin no 16 tadi bahwa dengan kamu berhenti merokok kulitmu jadi lebih segar.

     

    Dan ketika kamu masih trus-trusan merokok, kulitmu akan menjadi keriput dan membuat kamu menjadi terlihat lebih tua dari umur pria yang tidak merokok.

     

    Manfaat berhenti merokok untuk produktivitas

     

    19. Menghindari stres

    Kalau kamu masih beranggapan bahwa dengan merokok stres kamu bakalan hilang, buang anggapan ini. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa dengan kamu merokok membuat kamu jadi kecanduan dan mengalami stres berkelanjutan.

     

    Misal kamu tidak merokok setelah makan, kamu pasti gelisah, bingung, stres apabila tidak merokok, inilah efek kecanduan yang membuat stres berkelanjutan.

     

    20. Meningkatkan kesuburan

    Sudah banyak fakta untuk hal ini ya, bahwa ketika kamu merokok kualitas sperma akan menurun yang mengakibatkan sulit untuk memiliki anak.

     

    Selain itu rokok juga berbahaya untuk janin, keterangan ini sebenarnya sudah tertulis di bungkus rokok, tapi sering sekali diabaikan.

     

    21. Kuat dan tahan lama di ranjang

    Kalau kamu terkendala saat berhubungan intim di atas ranjang, bisa jadi karena kamu seorang perokok berat.

     

    Untuk kuat dan tahan lama di ranjang, butuh yang namanya stamina yang bagus. Dan apabila kamu seorang perokok jelas ini akan membuat kamu ngos-ngosan saat melakukan hubungan ranjang.

     

    Coba buktikan deh, kamu berhenti merokok dan rasakan manfaatnya.

     

    22. Konsentrasi terjaga

    Kalau kamu sadar ketika kamu sudah kecanduan rokok dan tiba-tiba kamu belum sempat untuk merokok kamu pasti akan merasa pusing, merasa cemas, jadi kurang konsentrasi dan mencari cara bagaimana agar bisa dapat kesempatan menghisap sebatang rokok.


    Memang tidak mudah untuk kita yang perokok untuk berhenti, tapi kalau tidak berhenti dari sekarang mau kapan lagi?


    Beberapa tips berhenti merokok

     

    Saya ingin membagikan beberapa tips singkat untuk kamu yang ingin berhenti merokok:

    1. Niatkan diri untuk berhenti merokok,
    2. Mulailah rutin berolah raga,
    3. Sibukan diri dengan aktifitas positif,
    4. Hindari teman perokok,
    5. Jauhkan apapun tentang rokok.

     

    Penutupan

     

    Memang tidak mudah untuk berhenti merokok, apalagi ketika kamu selesai makan, rasanya seperti kurang lengkap kalau belum menghisap rokok.


    Dengan saya tulis artikel "Manfaat Berhenti Merokok Yang Harus Kamu Tahu" ini bisa menambah motivasi kamu untuk berhenti merokok.

    LihatTutupKomentar