Cara Menjalani Hidup Tanpa Penyesalan Sebagai Seorang Pria

    Cara Menjalani Hidup Tanpa Penyesalan Sebagai Seorang Pria - Mengapa kebanyakan orang membuang waktunya? seolah-olah waktu akan bertahan lama dan bisa diputar kembali.


    Banyak dari pria yang menyesal akan hidupnya, rasa malu, tidak melakukan sesuatu atau banyak bekerja dan mengabaikan keluarga serta orang-orang yang dia cintai.


    Dan kebanyakan para pria berusaha untuk memiliki segalanya untuk menunjukan bahwa dia adalah seorang pria, dan berharap banyak yang akan suka dengan dia.


    Menjalani hidup tanpa penyesalan
    Menjalani hidup tanpa penyesalan


    Hidup yang penuh penyesalan


    Orang-orang yang benar-benar mencintaimu akan mencintaimu apa adanya, bukan karena barang-barang atau materi yang kamu punyai.


    Dan pemikiran bahwa harus memiliki segalanya perlahan akan membuat pria jadi depresi.


    Hidup itu singkat, dan pada akhirnya hanya sedikit hal yang benar-benar penting dalam hidup ini.


    Apa yang akan kamu kenang ketika tua nanti kalau bukan kenangan, pengalaman dan kegembiraan.


    Kita semua tau apa yang benar-benar penting dalam hidup kita. Tapi kita sering melupakan hal itu dan mengabaikannya.


    Dan saat kita tumbuh dewasa, kita jadi sadar bahwa kita dihadapkan dengan kenyataan hidup yang sama sekali berbeda saat kita di usia 10 tahun ke bawah.


    Ketika kita masih anak-anak, kita dihidupkan dengan penuh harapan dan impian, seolah-olah kita yakin akan mencapainya.


    Coba ingat bagaimana bocah yang berusia 10 tahun menjalani hidup?

    • Mereka ingin bahagia,
    • Mereka ingin bebas,
    • Mereka ingin bermain,
    • Mereka tidak takut apabila gagal dan terjatuh, dan bangkit lagi untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.


    Tapi seiring waktu ketika bertambahnya usia membuat mereka tambah tua, dan berpikir ternyata hidup tidak semudah di waktu kecil, hidup orang dewasa lebih banyak tantangan yang harus di lewati.


    Ketika merasa hidup tidak sesuai harapan, mereka mulai depresi, menyerah, dan tidak bangkit lagi untuk mencapainya dan disini mulailah timbul banyak penyesalan-penyesalan yang tidak mereka lakukan di masa lalu.


    "Seorang pria tidak tua sampai penyesalan menggantikan mimpinya." – John Barrymore


    Pikirkan baik-baik kutipan di atas.


    Penyesalan tidak harus menjadi kenyataan, saya sudah menjalani kehidupan yang seperti ini, hidup dengan penuh penyesalan yang membuat hidup ini seperti di neraka.


    Saya telah berhasil keluar dari hal itu, dan disini saya ingin katakan secara lantang ke kamu.


    "AYO BANGUN, KELUAR DARI NERAKA ITU, DAN MENJALANI KEHIDUPAN TANPA PENYESALAN"


    Tidak ada pilihan lain


    Masa depanmu bisa kamu tulis ulang semenjak hari ini, detik ini juga ketika kamu baca artikel ini.


    Perhatikan baik-baik apa yang akan saya katakan lewat tulisan ini, saya akan memberi tahu kamu penyesalan utama pria, sehingga kamu bisa menghindarinya untuk sekarang dan selamanya.


    7 Penyesalan utama pria


    Penyesalan seorang pria
    Penyesalan seorang pria


    Kebanyakan pria akan mendapatkan penyesalan ini ketika mereka sudah dewasa termasuk saya dulu. Berikut ini 7 penyesalan yang dialami oleh kebanyakan pria:


    1. Penyesalan karena hidup berdasarkan keinginan orang lain


    Hidup itu bukan seperti kehidupan yang diinginkan oleh orang lain untukmu.


    Atau kehidupan seperti para artis, acara TV, atau di media-media sosial.


    Bukan juga kehidupan yang diimpikan oleh para orang tua.


    Atau kehidupan yang berdasarkan kata teman-teman di sekitar kamu.


    Tak ada satupun kehidupan yang mereka inginkan buat kamu menjadi milikmu, kamu harus mendengarkan isi hatimu, dari lubuk yang terdalam yang berbisik lembut "Ada pilihan lain yang lebih baik untukku." milikilah keberanian untuk berjalan menuju itu.


    Salah satu penyesalan terbesar pria adalah mereka menyia-nyiakan hidup mereka untuk mengejar hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan terdalam mereka.


    Kita menyia-nyiakan banyak waktu untuk hal yang sebenarnya tidak kita inginkan dan bahkan tidak kita nikmati, padahal waktu kita di dunia ini sangat terbatas.


    Kita banyak menonton acara TV, scrolling media sosial untuk melihat kehidupan glamor para artis, atau menonton film biru dengan wanita yang tidak akan kita temui dalam hidup ini, dan memimpikan kehidupan orang lain yang tidak kita kenal.


    Perilaku seperti ini yang membuat depresi kebanyakan para pria.


    Ada cara yang lebih baik.


    Kita memiliki waktu yang terbatas di dunia ini, tetapi rasa ingin tahu yang tidak terbatas.


    Kita harus menggunakan rasa ingin tahu ini sebagai panduan kita untuk menemukan jalan, tujuan hidup kita, dan fokus mengejarnya.


    Hidup memang terasa berat, akan tetapi kita harus menghadapinya, hadapi dengan intensistas yang sama.


    Jika kita melakukan itu maka kita bisa memiliki kehidupan tanpa penyesalan dan memiliki kehidupan yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya.


    Pilihan selalu ada di tanganmu.


    2. Penyesalan karena kurang mencintai diri sendiri


    Dari dulu kita disuguhkan oleh media bahwa kalau kita sedang jatuh cinta dengan orang lain maka kita akan bahagia, dan ketika itu kita bisa bernyanyi-nyanyi di kamar mandi, teriak-teriak di jalan, senyum-senyum sendiri di kamar.


    TAPI SEMUA ITU BOHONG!


    Salah satu membuat hidup tanpa penyesalan adalah dengan hidup, hidup dengan mencintai diri sendiri itu adalah hal pertama dan paling utama.


    Hubungan paling penting yang pernah kamu miliki adalah hubungan dengan diri sendiri, sebelum kamu bisa mencintai diri sendiri, tidak ada cinta lain yang akan membuatmu puas.


    Kamu akan menderita seumur hidup apabila bergantung pada cinta orang lain, menaruh hati pada orang lain, dan berharap lebih kepada orang lain agar mereka mencintai kita, gak heran ini yang membuat kita sakit hati dan kecewa.


    Coba pikirkan lagi ketika kamu mencintai orang lain, mengorbankan keinginanmu sendiri, kebahagianmu sendiri hanya demi orang yang kamu cintai, yang tidak membalas sesuai tingkatan yang sama.


    Sudah?


    Bagaimana rasanya?


    Menyedihkan bukan?


    Sekarang coba bayangkan, bagaimana ketika sekarang kamu lebih memprioritaskan diri kamu terlebih dahulu, mencintai diri kamu terlebih dahulu, membuat diri kamu sendiri menjadi bahagia. Bayangkan bagaimana situasi itu terjadi.


    Mencintai diri sendiri tidak berarti kita harus narsis, mengorbankan orang lain, atau menganggap kita sebagai orang yang tahtanya diatas orang lain lain.


    Tidak, tidak seperti itu, yang saya maksud adalah kamu harus memprioritaskan kebutuhanmu terlebih dahulu dan memastikan kebutuhanmu sudah terpenuhi, alih-alih menempatkan orang lain khususnya wanita di atas segalannya.


    Satu hal yang tidak dapat kamu sembunyikan – adalah ketika kamu lumpuh di dalam. – John Lennon


    Banyak pria yang menilai wanita dimana skala 10 adalah wanita yang menarik. Bayangkan jika kamu juga menilai dirimu sendiri sebagai 10, tidak harus daya tarik fisik, tetapi nilai bagaimana kamu menempatkan diri kamu sendiri.


    Apabila kamu menganggap diri kamu berharga, ini akan mempengaruhi keputusanmu dalam segala hal:

    • Makanan yang kamu masukan ke dalam tubuhmu,
    • Orang-orang di sekitarmu,
    • Pekerjaan yang kamu lakukan,
    • Pikiran yang kamu katakan untuk diri sendiri.


    Cintai diri kamu sekarang, seperti hidupmu tergantung padanya - karena memang seperti itu seharusnya.


    3. Penyesalan karena tidak bekerja keras di usia produktif


    Banyak pria yang membuang-buang waktunya dengan menghabiskan waktu untuk berselancar di internet sambil rebahan, seharian di kamar sama nonton anime, atau nongkrong dan begadang sampai subuh tanpa ada aktivitas yang bermanfaat untuk dirinya.


    Ketika tua nanti, ketika tubuh sudah gak sekuat masih muda, ini membuat penyesalan pada diri sendiri, "kenapa dulu aku tidak kerja keras, ketika tubuh masih kuat dan ketika usiaku masih produktif."


    Atau juga saat kamu berharap dengan pekerjaanmu sekarang dan takut untuk keluar pekerjaan yang sebenarnya paling kamu inginkan, kamu berpikir, "ah nanti setelah saya punya ini dan itu".


    Keberanianmu untuk keluar dari zona nyaman membuat kamu jadi semakin hidup dan memiliki hidup yang penuh tantangan. Di luar zona nyaman kamu akan mendapatkan kejutan yang belum pernah kamu bayangkan.


    Jangan sampai kamu terjebak dalam lingkarang setan, mengejar uang sepanjang hidup kamu, tujuan kita hidup bukan hanya uang tapi kebebasan.


    Bekerja keraslah sesuai passionmu selagi kamu hidup dan punya waktu, dan apabila kamu masih muda ini kesempatanmu untuk menghabiskan jatah gagalmu sebelum akhirnya kamu sukses dan bahagia.


    Seorang pria sukses jika dia bangun di pagi hari dan tidur di malam hari, dan di antaranya dia melakukan apa yang ingin dia lakukan. – Bob Dylan


    4. Penyesalan karena tidak berani berkata apa yang ingin kamu katakan.


    Kebabasan emosional berarti kita dapat mengekspresikan 100 persen perasaan dan pikiran kita yang sebenarnya dan tidak ada sedikitpun yang kita sembunyikan.


    Ada rasa lega ketika kita mengeluarkan uneg-uneg, mengeluarkan perasaan dan pikiran kita yang sebenarnya.


    Ini sama halnya ketika meletakan barang berat yang selama ini nempel di punggung kita, rasa lega dan sudah tidak punya beban lagi.


    Saat ketika kamu tidak berani mengungkapkan kebenaran secara jujur ini membuat bebanmu semakin bertambah dan kamu tidak bisa bebas, kebanyakan pria memang seperti ini.


    Tapi ketika kamu berani mengatakan semua hal yang kamu rasakan dan kamu pikirkan, ini membuat dirimu otentik.


    Dan ketika dirimu menjadi otentik, pikiranmu selaras dengan kata-katamu ini membuat pria maupun wanita sekelilingmu timbul rasa hormat, ini juga berarti apa yang kamu katakan akan didengar oleh mereka.


    Ini adalah kualitas langka yang dimiliki kebanyakan pria saat ini.


    Sudah baca artikel saya yang ini: cara menjadi pria humoris tanpa harus menjadi badut?


    Ya kebanyakan pria takut mengatakan hal yang sesungguhnya. Hanya memuji tanpa berani mengatakan yang sebenarnya ke wanita ya dia suka.


    Di artikel tersebut saya juga menjelaskan, ketika kamu berani berkata jujur dia akan menjadi terbuka dengan kamu.


    Dan kamu harus siap akan konsekuensinya, konsekuensi yang di terima tidak selalu positif, ada beberapa orang yang mungkin akan kecewa dengan kebenaran ini.


    Tapi kamu harus berani untuk terima konsekuensi negatif, apabila kamu dapat hal negatif ketika kamu berkata jujur, maka terima hal tersebut, atasi dan selesaikan, selesai.


    5. Penyesalan karena tidak hidup sehat di masa muda


    Taukan 5 perkara sebelum 5 pekara? Salah satu perkara tersebut adalah waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu.


    Apakah dengan rokok dan minum minuman beralkohol akan membuat kamu jadi orang yang keren?


    TIDAK SAMA SEKALI!


    Sebelum masa sakitmu datang manfaatkan baik-baik waktu sehatmu, jangan sampai saat tua nanti kamu hanya terbaring di rumah sakit dan menyesali apa yang pernah kamu lakukan dalam hidup ini.


    Sehat itu mahal, sehat itu indah, maka jaga kesehatan tubuhmu selagi masih sehat.


    Mulailah hindari rokok dan minuman beralkohol,


    Mulailah untuk rutin berolah raga, pergi ketempat gym, perbesar otot-ototmu, singkirkan lemak yang ada di tubuhmu.


    Ini membuat kamu jadi semakin keren daripada menghisap asap rokok dan nongkrong tiap malam.


    6. Penyesalan karena tidak mendekati wanita yang kamu inginkan


    Kapan terakhir kamu melihat wanita cantik dan tidak berani maju untuk berkenalan dengan dia?


    Dan kamu hanya membayangkan bagaimana kalau bisa dekat dan kenal dengan wanita tersebut, imajinasimu mulai liar dan membayangkan dapat pacar wanita tersebut.


    Sedangkan kenyataannya, wanita tersebut hanya berjalan lurus tanpa menghiraukan kamu.


    Ini yang di alami kebanyakan pria saat ini, tidak berani untuk memulai percakapan dengan wanita asing yang sebenarnya dia inginkan.


    Ketakutan-ketakutan mulai hinggap di pikiran mereka, mereka takut karena:

    • Saya jelek,
    • Saya tidak pantas,
    • Saya miskin dan lain-lain


    Sebenarnya ketakutan ini akan semakin bertambah ketika kamu menunda untuk berkenalan dengan dia.


    Ini akan saya bahas lebih detail di artikel saya yang lain: bagaimana cara berkenalan dengan wanita asing.


    Pikirkan hal ini: kamu hidup di dunia ini karena para pendahulumu termasuk ayahmu yang berani untuk mendekati ibumu.


    Ketika kamu ditolak wanita, sebenaenya ini tidak berpengaruh apa-apa dalam hidupmu. Kamu berhak menjadi seorang pria dan mengejar wanita yang kamu inginkan.


    7. Penyesalan karena berpikir bisa hidup selama seribu tahun


    Ketika kita dihadapkan dengsn batas waktu usia kita, kita akan sadar betapa waktu kita di dunia ini singkat.

    • Kita menyesal karena tidak memanfaatkan waktu dengan baik,
    • Kita menyesal karena tidak mengejar apa yang kita mau,
    • Kita menyesal karena tidak bekerja lebih keras,
    • Kita menyesal karena tidak menjaga kesehatan,
    • Kita menyesal karena hidup tidak seperti yang kita inginkan.


    Inilah penyesalan yang akan kita dapatkan sedangkan kita tidak tahu kapan dan berapa lama kita akan hidup di dunia ini.


    Setiap kali kamu memilih untuk menunda impianmu, kamu mengunci kebahagianmu sendiri, sedangkan kamu adalah pilot yang menjalankan pesawat kehidupan dan kamu yang memegang kunci penjara kehidupan.


    Sebagian besar orang cemas akan masa depan mereka dan mereka lupa kalau harus hidup untuk hari ini.


    Jangan sampai kamu berharap menjadi orang lain. Kamu harus bersyukur karena masih hidup saat ini.


    “Jangan merusak apa yang kamu miliki dengan menginginkan apa yang tidak kamu miliki; ingatlah bahwa apa yang kamu miliki sekarang pernah menjadi salah satu hal yang hanya kamu harapkan.” – Epicurus


    Untuk menjalani hidup tanpa penyesalan adalah dengan menjalani hidup seperti besok kamu akan mati, nikmati setiap momennya, manfaatkan waktumu dengan sebaik mungkin.


    Kutipan motivasi hidup tanpa penyesalan


    Sebelum saya mengakhiri artikel ini, saya ingin berbagi beberapa kutipan motivasi hidup tanpa penyesalan.


    Kamu bisa ingat motivasi ini ketika kamu lagi sedih, down, bingung harus ngapain, semoga kutipan ini bisa bermanfaat lebih untuk kamu.


    “Penyesalan atas hal-hal yang kita lakukan dapat dihilangkan oleh berjalannya waktu; tetapi penyesalan atas hal-hal yang tidak dan belum kita lakukan yang tidak dapat dihilangkan.” -Sydney Harris


    “Jangan pernah melihat ke belakang dan menyesal, lihat ke belakang dan tersenyumlah pada apa yang telah Anda pelajari. -Michelle C. Ustaszeski


    “Tidak ada yang bisa menjalani hidup dengan mundur. Lihatlah ke depan, di situlah masa depan Anda berada.” -Ann Landers


    "Dalam sejarah kehidupan manusia, penyesalan tidak mengembalikan momen yang hilang dan seribu tahun tidak akan memulihkan sesuatu yang hilang dalam satu jam." -Stefan Zweig


    “Kita harus melepaskan semua kesalahan, semua serangan, semua penilaian, untuk membebaskan diri kita untuk menarik apa yang kita katakan kita inginkan.” -Joe Vitale


    “Melihat masa lalu, saya jadi menyesali ini, bahwa terlalu sering ketika saya mencintai seseorang, saya tidak mengatakannya.” – David Grayson


    “Air mata paling pahit yang ditumpahkan di atas kuburan adalah untuk kata-kata yang tidak terucapkan dan perbuatan yang tidak dilakukan.” -Harriet Beecher Stowe


    "Penyesalan atas kesempatan yang diabaikan adalah neraka terburuk yang bisa didiami oleh jiwa yang hidup." – Rafael Sabatini


    Kesimpulan


    Kebanyakan pria akan bangun suatu hari nanti dan melihat semua mimpi yang belum pernah mereka perjuangkan, semua mimpi yang tidak mereka coba untuk mewujudkannya, semua kebenaran yang tidak mereka ucapkan. Tapi saat itu terjadi, sudah terlambat, permainan sudah berakhir.


    Orang-orang ini memilih untuk bermain aman. Mereka memilih untuk hidup nyaman dan mengabaikan apa yang sebenarnya mereka inginkan.


    Tapi tidak harus seperti itu untuk kamu dan saya, kamu dapat memutus rantai itu dan keluar dari penjara kehidupan.


    Berkomitmenlah untuk menerima baik dan buruk setiap saat, ambil tindakan, jangan hanya menjadi penonton dalam kehidupan ini.


    Suatu hari nanti, ketika kamu sudah lanjut usia, kamu akan tertawa, menangis dengan bahagia karena menjalani hidup yang indah, hidup seperti apa yang kamu mau tanpa adanya penyesalan.


    “Hidup seharusnya tidak menjadi perjalanan ke kuburan dengan tujuan untuk tiba dengan selamat dalam tubuh yang cantik dan terawat, melainkan untuk tergelincir di tengah kepulan asap, benar-benar habis, benar-benar lelah, dan dengan lantang menyatakan 'Wow! Perjalanan yang luar biasa!'”   Hunter S. Thompson


    Jika kamu menyukai gagasan ini, kamu bisa gunakan dan bagikan kepada orang-orang yang kamu cintai. Ayo kita hidup dengan hidup seperti yang kita inginkan.


    Semoga artikel cara menjalani hidup tanpa penyesalan sebagai seorang pria dapat menjadi pelajaran berharga buat kamu.

    LihatTutupKomentar