Cara Keluar Dari Friendzone: Panduan Lengkap

    Cara Keluar Dari Friendzone: Panduan Lengkap - Pernah gak kamu pas nembak cewek yang uda kamu deketin lama eh tiba-tiba dia nolak kamu karena kamu sudah dianggap sebagai sahabatnya?


    SAYA PERNAH BRO!


    Kalau kamu pernah gimana rasanya? Enak? Sakit kan? 😂


    Saya tau rasanya...


    Rasanya sakit banget, ibarat kita sudah berkorban banyak buat dia, selalu ada buat dia ujung-ujungnya ditolak.


    Setelah usut punya usut ternyata saya terjebak di friendzone. Trus apa itu friendzone?


    Arti dari friendzone?


    Arti dari friendzone
    Ilustrasi friendzone


    Kalau diartikan di bahasa indonesia zona pertemanan atau zona teman.


    Pria yang masuk friendzone adalah pria yang dianggap sebagai sahabat oleh wanita.


    Dan ya, wanita gak mau pacaran atau menjalin hubungan romansa dengan orang yang sudah dianggapnya sebagai sahabat.


    Ciri-ciri friendzone


    Ciri-ciri friendzone
    Ciri-ciri friendzone


    Setelah kamu tahu arti dari friendzone berikut kita bahas apa ciri2 friendzone.


    Kenapa kamu harus tau ciri2 friendzone?


    Agar kamu sadar kalau lagi terjebak friendzone apa enggak.


    Selalu bercerita tentang pria lain

    Saat kamu sedang asik ngobrol sama dia, dia akan lebih sering bercerita mantannya atau pria lain yang sedang dia sukai.


    Gak mau pergi berdua

    Setiap kamu ajak dia untuk pergi berdua aja, dia selalu mengajak teman-teman yang lain, alasannya agar suasananya jadi rame dan asik.


    Berinisiatif lebih dulu

    Saat kamu terjebak friendzone kamu lebih sering berinisiatif lebih dahulu ketimbang dia, entah kamu chat duluan atau mengajak dia keluar duluan.


    Diperlakukan sama

    Jangan sampai ke GRan ya kalau kamu diperlakukan sama dengan teman-temannya, mungkin dia deket, nyentuh2 kamu, bukan berarti kalau dia suka, jangan-jangan dia memang seperti itu ke temen yang lain.


    Terlalu banyak investasi

    Kamu jadi terlalu banyak investasi untuk hubungan kamu sama dia, mulai kamu yang selalu antar jemput dia, mengeluarkan banyak waktu untuk dia, bahkan sering mentraktir dia makan.


    Kenapa wanita menolak pria?


    Kenapa wanita menolak pria?
    Ilustrasi wanita menolak pria


    Apabila sudah masuk ke friendzone, trus kenapa wanita tidak mau menjalin hubungan romansa dengan pria yang sudah dia anggap sebagai sahabat baiknya?


    Ada beberapa alasan kenapa wanita menolak pria yang sudah jadi teman baiknya berdasarkan riset pribadi ke temen-teman cewek:

    • Dia gak mau kehilangan - wanita berpikir klo putus sama pria tersebut bakal kehilangan dia yang sudah dianggap sebagai sahabatnya.
    • Sudah tau sifat buruk si cowok - yang namanya sahabat jelas tau sisi baik dan buruknya, makanya dia enggan buat melanjutkan ke hubungan yang serius.
    • Ada yang dia taksir - diam-diam si cewek uda naksir cowok lain yang mungkin kamu sebagai sahabatnya sudah tau.


    Alasan pria terjebak friendzone


    Alasan pria terjebak friendzone
    Ilustrasi pria terjebak friendzone


    Trus kenapa banyak sekali pria yang terjebak friend zone?


    Mungkin kalian sama seperti saya dulu, alasan saya mendekati cewek melalui zona pertemanan adalah ingin dekat dengan dia, bisa bertemu dengan dia setiap hari, dan berharap dia punya rasa yang sama dengan kita.


    Tapi tau kah kamu alasan pria terjebak di friend zone?


    Setelah saya terjebak di friendzone saya mulai menganalisa apa yang membuat pria banyak yang terjebak dan masuk ke friendzone.


    Dan beberapa hasil temuan saya ini mungkin pernah kamu alami atau sedang kamu alami:


    Menunggu perpisahan

    Alasan kebanyakan pria masuk zona pertemanan untuk mendapatkan wanita idamannya adalah menunggu dia berpisah dengan pasangannya, atau berpisah dengan orang yang sedang disukai sama cewek tersebut.


    Kebanyakan para pria yang masuk zona pertemanan berpikir akan selalu ada buat wanita yang dia idamkan. Menjadi orbiter yang selalu ada disekitar wanita itu.


    Berharap saat wanita sedang tengkar atau putus dengan pasangannya, kita bisa ada disampingnya, memberikan bahu untuk dia bersandar dan menghiburnya agar dia tidak sedih.


    Dan ada beberapa pria yang kurang sportif akan menghasut wanita tersebut agar memutuskan pasangannya.


    Pria yang kurang sportif ini biasanya akan merespon dari cerita cewek tersebu tentang keburukan pacarnya, dan dia menghasut dengan berkata klo cewek tersebut lebih pantas mendapatkan pria yang lebih baik, yang menghormati dan menghargai dia.


    Si pria yang kurang sportif itu mengisyaratkan "aku lebih baik dari pacarmu, putuskan dia dan pilihlah aku."


    Contoh lain, misal saat wanita yang kita sukai ingin jalan-jalan dengan pacarnya tapi pacarnya tidak bisa diajak jalan, kita hadir untuk menggantikannya, menemani wanita tersebut kemanapun yang dia mau.


    Parahnya, kita antar jemput dia, bayari dia makan dan lain-lain layaknya seorang pacar.


    Sedih bener ya?


    Tapi pada kenyataannya apa bro?


    Saat wanita itu uda berpisah dengan orang yang dia taksir atau dia sukai atau bahkan pacarnya, dia akan dengan cepat menemukan orang lain lagi yang menjadi idamannya.


    Kebenarannya adalah...


    Apabila wanita itu tertarik dengan kita, dia akan menunjukannya, dan kemungkinan kita akan menyadarinya. Jadi jangan berharap untuk jadi cadangannya ya.


    Menunggu waktu yang tepat

    Kebanyakan pria yang terjerumus masuk kedalam friendzone karena ingin menungguh momentum atau waktu yang tepat agar bisa nembak wanita yang dia sukai dan berharap wanita tersebut membalas cintanya.


    Kebenarannya apa?


    Tidak ada waktu yang sempurna dan jangan menunggu momentum agar dia tertarik untuk jadi pasanganmu, luangkan waktu untuk membuat momentummu sendiri.


    Karena kalau menunggu dan berharap agar dia suka sama kamu sedangkan kamu masih menjadi teman baiknya itu seperti mimpi di siang bolong.


    Kemungkinan lain kenapa menunggu waktu yang tepat adalah karena takut ditolak cewek, tapi tenang bro kamu bisa baca artikel ini: Cara dapat pacar tanpa takut ditolak


    Mengabdi atas nama persahabatan

    Alasan lain pria terjebak di friendzone adalah ingin mengabdikan diri untuk persahabatan dan berharap wanita mengerti apa yang sedang dia rasakan.


    Sangat menyedihkan sekali apabila pria melakukan semua hal mulai dari memberi pujian, mendengarkan curhatnya, mendukung, sampai membayari segala hal.


    Intinya mencoba berbagai cara agar wanita yang dia inginkan, suka dan membalas cintanya tapi pada kenyataannya wanita tersebut hanya menganggapnya sebagai teman.


    Kebenarannya adalah dia mengetahui dengan jelas kalau kamu yang sudah dianggap teman itu suka sama dia.


    Wanita hanya tertarik dengan pria yang berstatus tinggi, yang memiliki karakter pria idaman.


    Berusaha lebih keras agar wanita yang kita sukai, menyukai kita balik tidak akan menghasilkan apa-apa selain kekecewaan.


    Yang ada malah menimbulakan kecemburuan ke orang lain, menghabiskan waktu kita, bahkan menguras dompet kita.


    Cara keluar dari friendzone


    Cara keluar dari friendzone
    Ilustrasi terbebas dari friendzone


    Kamu tidak terjebak di friendzone apabila kamu memang murni ingin berteman dengan dia, tidak ada hasrat untuk menjadikan wanita tersebut menjadi pasanganmu.


    Tapi kalau kamu memang ingin mengincarnya dan ingin menjadikan dia sebagai kekasihmu, maka wajib hukumnya buat keluar dari friendzone.


    Tidak mudah memang keluar friendzone, butuh keberanian yang cukup untuk memberi tahu dia yang sudah melabeli kita sebagai teman baiknya dan memberi tahu apa yang kita inginkan sebenarnya.


    Kenapa ini begitu sulit dan menakutkan?


    Karena ketakutan ini mengakar pada pikiran para pria, takut ditolak, takut dia menjauh setelah kita mengucapkan suka sama dia.


    Ketakutan muncul karena apa yang tidak kita ketahui, takut akan reaksi dia setelah kita menyatakan cinta, takut kalau yang kita lakukan ada kesalahan yang akan kita sesali.


    Coba bayangkan ini bro.


    Misal kamu mulai menyatakan cinta ke dia dan mengajak dia berkencan, apa hasil dari bayanganmu bro?


    Mungkin dia akan tertawa terbahak-bahak sambil berkata "kamu ini sudah aku anggap sebagai teman." atau dia pergi dan berkata "apaan sih kitakan uda seperti kakak adik"


    Bayangkan seliar mungkin.


    Sudah bro?


    Siap ambil resiko ini bro?


    Siap mengambil resiko untuk keluar dari situasi yang menyedihkan ini?


    Lantas bagaimana cara keluar dari friendzone? Dan mengubah friendzone menjadi lovezone? Yuk kita bahas.


    1. Menjadi berharga


    Taukah kamu mengapa air lebih murah dari pada emas?


    Ya karena air berkelimpahan alias banyak dan mudah untuk didapatkan.


    Berbeda dengan emas yang sulit dan langka untuk didapatkan.


    Mengapa kita tidak dihargai oleh wanita adalah karena kita seperti air yang mudah untuk didapatkan dan selalu ada buat dia.


    Menjadi pria yang berharga dan sulit untuk didapatkan akan membuat kita keluar dari friendzone.


    Dengan kita tidak selalu hadir, memberikan kesempatan dia untuk kangen dan penasaran ke kita.


    Tapi jika kamu bertindak seolah-olah tidak punya waktu untuk dia sekarang dan hanya ingin membuat kamu terlihat sibuk dimata dia, ini akan terkesan sebagai pembohong.


    Efek yang timbul saat kamu berbohong atas kesibukanmu selain terasa buruk juga merusak integritas kamu, sedangkan memiliki integritas merupakan salah satu karakter pria idaman.


    Jika kamu tidak benar-benar sibuk, lantas apa yang akan kamu lakukan?


    Mustahil sekali menjadi pria yang percaya diri tinggi tanpa aktif mengejar tujuan dan pencapaian dalam hidupnya.


    Jika kamu sering berbohong atas kesibukanmu sedangkan kamu hanya malas-malasan di rumah, saya ragu kebohongan itu akan bertahan lama.


    Saran saya buat kamu adalah jadilah benar-benar sibuk, tidak jadi masalah sibuk dalam hal apa saja, yang penting kamu jujur dan menempatkan kesibukanmu diatas wanita tersebut.


    Sebagai contoh:

    • Kamu bisa mengerjakan proyek yang menghasilkan uang.
    • Belajar bahasa baru.
    • Bertemu dengan teman-teman baru.
    • Melakukan hobi yang kamu sukai.
    • Melakukan olah raga rutin.


    Dengan kamu melakukan aktivitas seperti contoh diatas maka ketersedianmu atau kehadiranmu bersama cewek tersebut jadi berkurang.


    Apa efek positifnya?


    Efek positif apabila kamu beraktivitas dan memiliki kesibukan:


    Tidak terlalu ngarep

    Karena kamu sibuk dengan aktivitas yang kamu alami dan kamu sibuk untuk mengembangkan diri dan bersosialisasi kesana kemari membuat kamu tidak terlalu berharap ke cewek tersebut.


    Dia akan lebih menghargaimu

    Saat kamu lebih mementingkan aktivitas yang kamu kerjakan dia akan lebih menghargai waktu kamu, karena dia juga tau kalau kamu sedang melakukan aktivitas tersebut dan tidak bisa diganggu.


    Memiliki kehidupan

    Dengan kamu menyibukan diri membuat hidupmu jadi lebih hidup dan berwarna ini membuat kamu jadi terlihat menarik di mata wanita.


    Ketika kamu membuat prioritas dalam membagi waktu, kamu otomatis menjadi jarang, jarang menjadi langka, langka menjadi berharga, berharga menjadi mahal, dan mahal hampir selalu menarik.


    Dan pada akhirnya, manusia tetaplah manusia. Setiap orang cenderung menginginkan apa yang belum mereka miliki. Dan begitu mereka sudah memilikinya cenderung nilainya akan turun.


    Tetap jaga komunikasi wajar dengan wanita tersebut, dan apabila dia jadi menjauh kamu tidak akan rugi juga.


    Kenapa?


    Karena kamu sudah memiliki kehidupan yang indah, kamu memiliki hobi, relasi, keterampilan baru, dan kamu juga bisa berinvestasi ke hal yang lebih penting untuk masa depan daripada mentraktir cewek yang kamu suka.


    2. Jangan terobsesi


    Ketika kita berbicara tentang karakter pria idaman, tentu kita berbicara tentang pria yang mempunyai banyak pilihan wanita.


    Dan apabila wanita berpikir tidak punya saingan buat dapatin kamu, maka nilai kamu dimata wanita jadi turun.


    Salah satu faktor seseorang menjadi berharga adalah banyak peminatnya.


    Ada banyak ikan dilaut, begitu pula banyak wanita cantik diluaran sana.


    Masalah yang sering dihadapi pria ketika masuk ke zona pertemanan adalah karena wanita melabeli pria tersebut dengan label pria looser, bukan pria yang pantas untuk dijadikan pasangan.


    Segera setelah kamu mulai berpaling meninggalkan wanita ini dan mulai melirik dan mencari wanita lain tapi tetap berkomunikasi, kamu bakalan dapatkan hal ini:


    Kecemburuan / evaluasi ulang

    Ingat gak kamu waktu kecil, saat punya mainan yang sudah lama tidak kamu mainin, tiba-tiba ada teman kamu datang dan memainkan mainan tersebut seketika perasaan ingin memainkannya lagi muncul.


    Logika ini juga berlaku untuk ketertarikan, ketika kamu menjadi menarik dimata wanita lain, maka wanita yang memasukanmu ke dalam friendzone akan berpikir ulang.


    "kenapa ya dia disukai wanita lain?"

    "apa yang membuat pria ini menarik di mata wanita lain?"

    "apa yang mereka lihat dalam dirinya yang tidak saya lihat?"

    "mungkin aku melewatkan sesuatu?"

    "mungkin aku salah tentang dia"


    Begitulah cara dia mempertimbangkan kembali status kamu dan ini peluang buat kamu agar bisa keluar dari friendzone menjadi lovezone.


    Memiliki standar

    Secara alami ketika kamu berinteraksi dan bergaul dengan banyak wanita, kamu akan belajar membedakan apa yang menurut kamu baik dari seorang wanita dan apa yang tidak cocok untuk kamu.


    Ketika kamu hanya terpaku dengan satu cewek aja (dan dia tidak merespon dengan baik usaha kamu), sulit untuk mengetahui apakah dia benar-benar baik atau tidak.


    Saat berkomunikasi dengan banyak wanita, kamu akan memiliki kerangka tipe wanita ideal dan yang cocok untuk kamu.


    Kamu dapat menentukan secara akurat apakah wanita yang memasukanmu ke dalam friendzone adalah wanita yang benar-benar sepadan dengan usaha yang sudah kamu lakukan atau sekarang kamu sadar masih banyam wanita yang lebih baik diluaran sana.


    Memiliki alternatif nyata

    Saya tidak menyarankan kamu mendekati banyak wanita hanya untuk meciptakan kecemburuan bagi wanita yang kamu inginkan.


    Ada yang lebih besar dari itu.


    Alasan hebat lainnya adalah kemampuan melihat lebih banyak wanita yang berpotensi sebagai kandidat nyata untuk menjadi pacar kamu.


    Ketika kamu berinteraksi dengan banyak wanita, kamu akan sadar seberapa otak pria ini membodohi kita.


    Wanita yang awalnya kurang menarik buat kamu jadi lebih menarik setelah kamu melakukan beberapa percakapan dengan mereka.


    Dan juga sebaliknya, kamu juga akan menemukan wanita-wanita cantik yang memiliki karakter membosankan atau kepribadian mereka yang buruk.


    Ketika kamu memiliki alternatif dan banyak pilihan peluang kamu untuk sukses semakin besar, kamu akan belajar untuk siapa kamu benar-benar ingin menghabiskan waktu dan energi.


    Dan sebagai bonusnya, kamu akan terlihat lebih menarik bagi wanita yang memasukanmu ke dalam zona pertemanan.


    3. Mintalah bantuan


    Trik membuat orang lain suka sama kita berdasarkan psikologi yang terbukti secara ilmiah adalah dengan meminta bantuan kepada orang lain.


    Ketika seseorang melakukan sesuatu untuk orang lain tanpa alasan khusus, mereka mulai mencintai dan menghargainya.


    Seolah-olah otak akan berkata: "Jika saya melakukan sesuatu untuknya, itu mungkin berarti saya menyukai dan menghargainya!"


    Jaga agar permintaan kamu tetap kecil, agar dia sulit untuk menolak permintaan kamu.


    Sebagai contoh:

    • Minta dia untuk memegang sesuatu untuk beberapa saat.
    • Minta dia untuk menyimpan barangmu di saku atau tasnya.
    • Minta dia untuk menemanimu belanja.


    Jangan berharap terlalu tinggi dengan teknik ini, ini hanyalah teknik sederhana layaknya sepasang kekasih. Biasanya pria yang terjebak friendzone akan takut untuk meminta sesuatu ke cewek yang dia suka.


    Teknik ini merupakan salah satu bentuk investasi emosi yang diberikan wanita ke kamu bro.


    Semakin dia banyak berinvestasi ke kamu semakin besar pula peluang dia untuk suka sama kamu.


    4. Ajak berpetualang


    Banyak adegan-adegan film yang mengisahkan tentang seorang pria dan wanita yang akhirnya jatuh cinta karena melakukan petualangan bersama.


    Apakah ini nyata? Atau hanya di film saja?


    Oke, kamu pernah gak punya temen yang akhirnya cinlok gara-gara KKN?


    Atau temen yang akhirnya jadian karena naik gunung.


    Hal positif saat kita berpetualangan dengan wanita adalah akan menimbulkan chemistry, bukan hanya itu dengan kamu berpetualangan dengan dia akan menjadi memori tersendiri yang gak bisa dilupain.


    Tapi pesan saya, jangan terlalu ekstrim untuk melakukan petualangan, lakukan yang sekiranya aman untuk keselamatan kalian. Misal jalan-jalan keluar kota atau pergi ke pedesaan.


    5. Pergi tinggalin dia


    Tips ini memiliki satu keunggulan dan satu kelemahan.


    Keunggulan: metode paling ampuh untuk keluar dari zona teman dan kembali lagi menjadi orang yang menarik.


    Kelemahan: ini membutuhkan proses yang lama dan tidak mudah untuk dilakukan, butuh yang namanya usaha dan ketekunan.


    Ini berbicara tentang mengambil keputusan, keputusan kalau kamu benar-benar ingin keluar dari friendzone.


    Keputusan untuk pergi ninggalin dia bukan hanya pergi begitu saja, tapi berkomitmenlah untuk berubah menjadi pria yang berkualitas, pria yang memiliki kehidupan yang baik, pria yang lebih sukses.


    Kamu bisa baca seluruh artikel yang ada di tipspria.com ini, agar kamu berubah pola pikir, dan menambah wawasanmu tentang dunia romansa dan kesuksesanmu.


    Ringkasan


    Friendzone adalah label yang dicap oleh wanita terhadap pria, dia hanya menganggap pria sebagai teman tidak lebih dari itu.


    Ciri-ciri frendzone, pria yang masuk friendzone adalah pria tersebut lebih banyak investasi ke wanita pujaannya, dia selalu hadir menjadi teman baik dari wanita tersebut, mendengarkan curhatnya dll.


    Alasan mengapa wanita menolak pria yang masuk melalui zona teman adalah karena wanita sudah nyaman dan takut untuk kehilangan pria yang sudah dia anggap sebagai sahabatnya.


    Alasan pria terjebak di zona pertemanan adalah karena pria ingin dekati wanita dalam diam, berharap wanita itu tau dan membalas cintanya.


    Cara untuk keluar dari zona pertemanan:

    1. Menjadi lebih berharga.
    2. Jangan terobsesi dengan satu wanita.
    3. Mintalah wanita untuk investasi.
    4. Ajak dia untuk berpetualangan.
    5. Pergi tinggalin dia dan berkomitmenlah untuk menjadi lebih baik.


    Jangan menunda untuk keluar dari zona pertemanan, gunakan metode cara keluar dari friendzone yang ada di artikel ini, semoga berhasil!


    Lelucon tentang friendzone


    Ikan yang bikin sakit hati!

    👧: Ikan, ikan apa yang bikin sakit hati?

    👦: Gak tau!

    👧: i kan cuma temen.

    👦: iya 😭

    👧: cuma di read

    LihatTutupKomentar