Cara Memilih Sepatu Agar Kamu Terlihat Good Looking

    Cara Memilih Sepatu Agar Kamu Terlihat Good Looking - Kalau kamu sampai detik ini masih sering kebingungan saat mau beli sepatu di toko sepatu atau klo kamu sekarang masih suka pakai sepatu futsal buat ke kampus, artikel ini wajib kamu baca!

     

    Cara Memilih Sepatu Agar Kamu Terlihat Good Looking
    ilustrasi sepatu pria

    Sekeren apapun penampilanmu saat kamu berada di kampus, kantor atau saat kamu sedang liburan, se-pede apapun pembawaan kamu saat berada di panggung, presentasi atau saat kamu kencan, sepatu merupakan item wajib yang harus kamu pikirkan. 


    Bahkan klo boleh jujur, sepatu merupakan item wajib, karena sepatu akan membuat kamu sebagai cowok berubah menjadi pria. Walau hanya 5% saja dari bagian yang menutup tubuhmu, sepatu memiliki andil yang cukup besar di mata orang lain.


    Kualitas sepatu juga menunjukan seberapa tinggi kamu dapat menghargai diri kamu sendiri. Mulai dari macam-macam jenis kemeja, kaos oblong, celana, jas dan dasi yang kamu miliki, sepatu merupakan item penting dalam menyatakan style.


    Bukan hanya untuk penampilan aja loh, sepatu juga memiliki peranan penting dalam hal melindungi kaki dan juga kesehatanmu. Sepatu dapat meredam tekanan yang dihasilkan oleh berat badanmu, misal kamu salah dalam hal memilih sepatu, maka dapat berakibat lecet atau cedera di kaki kamu.


    Lantas bagaimana cara memilih sepatu pria agar tetap terlihat gaya tanpa mengabaikan fungsi utamanya yaitu sebagai alas kaki? berikut ada beberapa tipsnya:

     

    Pakai sepatu sesuai aktifitas dan keperluanmu

    Beda keperluan, beda juga sepatunya. Beda acara maka beda pula sepatu yang harus kamu gunakan. Ini nih kesalahan yang sering sekali dilakukan oleh para pria. Kita para cowok ketinggalan jauh dari wanita dalam hal ini


    Wanita lebih sudah diedukasi sejak lama masalah hal ini. Walau sepatu running makin keren bukan berarti bisa kita pakai untuk acara formal. Sepatu lari dirancang sedemikian mungkin agar kaki merasa nyaman saat berlari dan terlindungi dari cedera.


    Maka pakailah sepatu lari untuk lari, pakai sepatu pantofel untuk acara atau kegiatan formal. Jangan ditukar-tukar fungsinya ya. Memakai sepatu di luar fungsinya sebenarnya sah-sah saja asal selama masih pantas dan tidak terlalu ekstrim.

     

    Ada harga ada kualitas, investasi di sepatu tidak ada ruginya

    Memang benar gak semua pria bisa menghabiskan jutaan hanya untuk membeli sepasang sepatu. Tapi lucunya ada pria yang mampu beli sepatu ori tapi malah beli sepatu KW yang pada dasarnya sepatu KW hanya potongan-potongan karet yang direkatkan dengan lem.


    Sekilas memang terlihat bagus sepatu KW, tapi selang 3 bulan sepatu dengan kualitas yang kurang bagus sudah terlihat jeleknya, entah itu sobek, jebol atau sol sepatunya lepas. Agar kejadian semacam ini tidak terjadi di acara-acara penting yang kamu hadiri gak ada salahnya kok untuk membayar lebih untuk sepatu ori yang sudah jelas kualitasnya dan bisa tahan bertahun-tahun.


    Ada banyak sepatu asli (ORI) yang berkualitas tapi harga terjangkau. Anggap saja uang ekstra yang telah kamu keluarkan sebagai investasi selama beberapa tahun kedepan dan kamu tidak harus sering-sering beli sepatu dikarenakan sepatu yang telah kamu beli awet dan masih layak pakai.


    Kalau kamu seorang mahasiswa kamu bisa memilih Converse Chuck Taylor yang bisa kamu pakai dari kamu ospek hingga wisuda tergantung caramu memakai dan merawat sepatu tersebut.

     

    Jangan korbankan ukuran dan kenyamanan hanya untuk gaya-gayaan

    Jangan pernah korbankan 2 hal ini hanya untuk bergaya, karena sepatu yang telah kamu beli akan kamu pakai bertahun-tahun, kaki kamu harus merasa nyaman dan gak sakit saat memakainya. Lagipula tren gak selalu sama dan akan sering berganti tiap tahunnya.

     

    Jika kamu memang tertarik dengan satu model sepatu tapi tidak ada ukuran yang pas dengan kakimu, kamu bisa datang ke pengerajin sepatu untuk dibuatkan sepatu custom yang seperti yang kamu sukai.

     

    Pilihlah sepatu dengan teliti agar tidak kecewa setelah membelinya

    Beberapa panduan yang bisa kamu gunakan untuk memilih sepatu sebagai berikut:

    • Jangan memilih sepatu dengan bentuk persegi. Sepatu dengan bentuk persegi membuat kamu jadi terlihat aneh. Agar kamu terlihat lebih berkelas kamu bisa mengunakan sepatu dengan bentuk yang ramping, apalagi klo kamu padukan dengan pakaian formal.
    • Sesuai dengan bentuk kaki kamu. Sesuaikan model sepatu yang hendak kamu pilih dengan bentuk kakimu. Setiap orang memiliki bentuk kaki yang berbeda-beda dan tidak setiap sepatu akan pantas dipakai untuk semua bentuk kaki.
    • Sesuaikan juga bahan sepatu. Jika kamu ingin membeli sepatu untuk pergi ke acara formal kamu bisa memilih sepatu dengan bahan kulit atau suede. Atau jika kamu ingin terlihat santai pilihlah sepatu yang berbahan kanvas atau jeans.
    • Perhatikan juga sol sepatu. Apakah sol sepatu tersebut terlihat awet atau tidak, apakah sepatu tersebut di sol dengan baik atau tidak.

     

    Pelajari cara merawat sepatu agar awet

    Jangan mentang-mentang sepatu yang kamu beli harganya mahal, jadi kamu malas-malasan untuk merawatnya. Malah semakin sering kamu memakai sepatu tersebut maka kamu wajib untuk selalu merawatnya.

     

    Untuk membersihkan sepatu sneaker memang cukup gampang karena bahan dasar sepatu tersebut terbuat dari karet dan kulit sintetis. Yang lumayan sulit ialah merawat sepatu dengan bahan suede dan kulit asli.


    Sepatu dengan bahan suede harus dibersihkan dengan sikat yang terbuat dari karet dan tidak boleh dibersihkan dengan air, misal ada kotoran yang sulit untuk dibersihkan kamu bisa beli kapur khusus untuk menghilangkan kotoran tersebut.


    Sementara itu apabila apabila sepatu tersebut berbahan kulit maka kamu harus rajin membersihkan dan pemolesan secara rutin. Supaya sepatu kulit yang kamu miliki masih terjaga kelenturannya. Kamu juga bisa pakai penyumpal sepatu saat sepatu tersebut tidak digunakan.


    Minimal kamu harus punya sepasang sepatu wajib

    Pastikan kamu memiliki sepasang sepatu formal entah itu model oxford atau model derby. Sepatu ini akan berguna sekali saat kamu akan menghadiri acara formal seperti acara pernikahan, wisuda, atau perayaan lainnya. Sepatu model ini bisa kamu padukan dengan celana resmi ataupun jeans.


    Segitu pentingnya bagi kita para pria dalam hal memilih sepatu, hingga kamu bisa melihat karakter seseorang hanya dari sepatunya. Apakah pria tersebut cenderung konservatif, sporty, casual atau malah tidak pedulian sama dirinya sendiri.

    LihatTutupKomentar